Pages

Thursday, December 20, 2018

Suara Mistis Kawanan Kera di Makam Keramat Makassar

Liputan6.com, Makassar Antang salah satu daerah pinggiran kota Makassar sangat dikenal sebagai daerah yang menyimpan beragam cerita mistis.

Selain keberadaan sumur tua yang kerap menjadi primadona jelang pencalonan legislatif di Sulsel, terdapat juga sebuah makam tua yang tepatnya terletak di Jalan Tamangapa Raya 3 Kelurahan Bangkala, Kecamatan Manggala, Antang, Makassar.

Bagi masyarakat setempat, makam tua yang beraroma mistis itu sudah berusia ratusan tahun dan diyakini sebagai makamnya Daeng Pasang, seorang sesepuh kampung yang berwujud kera hitam. Sehingga masyarakat setempat kerap mendengar suara-suara aneh seperti segerombolan kera yang wujudnya tak nampak.

Abdul Kadir, seorang tokoh masyarakat setempat mengatakan dahulu kala masyarakat Antang masih menganut animisme. Sehingga di Antang masih banyak ditemukan beragam jejak-jejak animisme. Di antaranya bangunan yang berkubah dan diyakini sebagai makam tua yang dimaksud.

"Cerita terdahulu, di makam tua itu sering terjadi penampakan kera hitam yang masyarakat setempat mengenalnya dengan istilah patanna kamponga atau sesepuh kampung," terang Kadir yang ditemui di rumahnya yang tak jauh dari makam tua tersebut, Kamis (20/12/2018).

Makam tua, kata Kadir, dahulunya terletak di bawah pohon besar yang usianya sangat tua dan lokasinya sekarang sudah dibeli oleh pengembangan untuk pembangunan perumahan.

Makam tua itu, dahulunya hanya berbentuk rumah kayu kecil yang beratap daun nipa atau orang disini menamakan "saukang". Letaknya tepat berada dibawah pohon besar.

"Tapi karena telah dibeli pengembang untuk pembangunan perumahan, akhirnya makam tua yang menyimpan cerita mistis tentang Daeng Pasang yang berwujud kera hitam besar itu dipindahkan oleh masyarakat ke dalam lorong atau lokasi makam saat ini," ucap Abdul yang juga merupakan guru pencak silat di kampung Bangkala hingga saat ini.

Saksikan Video Pilihan Di Bawah Ini:

misteri sosok sesepuh sumedang di makam keramat jati gede

Let's block ads! (Why?)

from Berita Hari Ini Terbaru Terkini - Kabar Harian Indonesia | Liputan6.com https://ift.tt/2UUzmud

No comments:

Post a Comment