Pages

Thursday, December 20, 2018

Perjuangan Ibu Memanggul Anaknya yang Difabel untuk Menuntut Ilmu

Namun apa daya, SLB terdekat berjarak puluhan kilometer dari desanya, Sadabumi. Desa Sadabumi adalah desa pegunungan yang hanya untuk ke kota kecamatan saja berjarak sekitar 15 kilometer dengan jalan penuh tanjakan terjal.

Anisa mesti didampingi oleh anggota keluarganya. Paling mungkin adalah ibunya sendiri. Di sisi lain, sebagai ibu rumah tangga, Teti pun punya tanggung jawab lain, mengurus keluarga.

"Yang dipikirkan kan bagaimana harus kos. Ya sulit kalau sekolah jauh-jauh. Karena saya harus ikut," Teti menuturkan.

Makanya, Teti pun membulatkan tekad. Ibu ini tiap hari, baik hujan maupun terik, setia mengantar anaknya bersekolah dan akhirnya kini, berkuliah.

Pada hari berbeda, Teti langsung sigap ketika tutor di ujung mikrofon mengumumkan agar mahasiswa segera masuk ke aula kampus. Ia merengkuh Anisa dan menggendongnya ke dalam ruangan.

Lantas Teti mencarikan tempat duduk dan menempatkan Anisa di kursi paling depan. Ia ingin anaknya bisa mengikuti dengan baik masa orientasi dan pengenalan kompetensi (OPEK) di kampusnya, STMIK Komputama Majenang.

Pada sesi materi, Teti keluar dari aula. Namun, ia tak pergi jauh-jauh. Begitu dibutuhkan, ia pun secepat kilat mendekati putrinya.

Anaknya, Anisa, difabel lantaran kakinya tak normal. Teti mesti menggendong Anisa saat berpindah tempat. Tidak hanya itu saja, seringkali Teti mesti menunggu Anisa di sesi-sesi tertentu.

Bagi sebagian orang, pemandangan ini barangkali membuat terenyuh. Namun, jangan salah, lihat lah betapa semangatnya Anisa dan ibundanya. Mereka begitu kompak melalui hari-hari pertama berkuliah.

Anisa dan ibunya pun tak kalah cerah dibanding wajah-wajah semringah memenuhi ruangan aula kampus STIMIk pada Sabtu dan Minggu, 1-2 September 2018, lalu. Para mahasiswa mengikuti OPEK menjelang tahun ajaran baru kampus di ujung barat Cilacap, Jawa Tengah ini.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Hari Ini Terbaru Terkini - Kabar Harian Indonesia | Liputan6.com https://ift.tt/2A66wOE

No comments:

Post a Comment