Pages

Saturday, January 5, 2019

3 Fakta Menarik Toyota Avanza yang Wajib Anda Ketahui

Asal Usul Nama Avanza

Nama Avanza, menurut berbagai sumber, berasal dari bahasa Italia (Romawi), yaitu avanzato. Avanzato, jika diartikan bebas dalam bahasa Indonesia, artinya adalah "maju", "canggih", "lanjutan", dan "lanjut".

Xenia, saudara Avanza, juga diambil dari bahasa asing, namun dalam hal ini Yunani. Xenia diambil dari kata "Xenos," yang artinya "tamu", atau "orang asing".

Kecenderungan mengambil nama dari bahasa asing kembali Toyota lakukan saat meluncurkan Calya. Calya dan Sigra, juga produk yang dikembangkan bersama, namanya diambil dari bahasa Sansakerta, bahasa dominan di Nusantara era Kerajaan Hindu.

Avanza Bukan Produksi Pabrik Toyota

Fakta unik lain, meski jelas-jelas merupakan produk Toyota, ternyata Avanza tidak lahir dari pabrik Toyota, melainkan dari Daihatsu. Ini juga terjadi pada produk Toyota lain hasil kolaborasi seperti Rush, Agya, dan Calya.

Hal ini memang merupakan strategi perusahaan. Keduanya bisa bekerja sama sedemikian erat karena Daihatsu adalah bagian dari Toyota. Ada pembagian kerja yang ditetapkan, dimana Daihatsu memang kebagian dalam hal proses produksi.

Secara Harfiah Memang Mobil Sejuta Umat

Karena sangat populer di kalangan masyarakat, Toyota Avanza dijuluki dengan "Mobil sejuta umat". Titel ini mengikuti julukan yang diberikan kepada tokoh agama Zainuddin MZ bertahun sebelumnya, Dai Sejuta Umat.

Secara harfiah, hal ini telah mereka buktikan. Maksudnya, populasi Avanza di Indonesia memang telah mencapai angka tersebut. Bahkan lebih.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Hari Ini Terbaru Terkini - Kabar Harian Indonesia | Liputan6.com http://bit.ly/2sc0Yhm

No comments:

Post a Comment