Pages

Thursday, December 20, 2018

Simon McMenemy, Kebangkitan Azkals dan Pelukan Rahma Azhari

Liputan6.com, Jakarta - Ada dua momen yang mengawali popularitas Simon McMenemy di Indonesia. Pertama, Piala AFF 2010 dan kedua, foto mesra dengan salah satu artis seksi Indonesia, Rahma Azhari. 

Piala AFF 2010 jadi panggung bagi Simon McMenemy bersama timnas Fililina. Bertahun-tahun sebagai underdog di sepak bola Asia Tenggara, McMenemy akhirnya mengubah The Azkals lebih bertaring pada turnamen yang awalnya dikenal dengan sebutan Piala Tiger itu.

Bermodal pemain-pemain berdarah Eropa, semacam Younghusband bersaudara, Christopher Greatwich, dan kiper tampan, Neil Etheridge, Timnas Filipina mampu jadi kuda hitam. 

Pada babak penyisihan, The Azkals tampil memukau dan finis di urutan kedua klasemen grup B yang dihuni Vietnam, Singapura, dan Myanmar. Hasil ini sekaligus mengantar timnas Filipina untuk pertama kali sepanjang sejarah berhasil mampu melaju ke babak semifinal. 

Publik sepak bola Tanah Air kian mengenal Simon McMenemy. Sebab sebagai runner up grup B, pasukannya harus berhadapan dengan Timnas Indonesia yang menjadi pemimpin grup A. 

Pertarungan seharusnya berlangsung dua kali dalam format home and away. Artinya, Filipina mendapat kesempatan untuk tampil di depan publik sendiri. Hanya saja, infrastruktur yang tidak memadai di negaranya memaksa The Azlals menggelar dua laga tersebu di Indonesia. 

Pertarungan melawan Filipina di yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK),  selalu penuh dengan penonton. The Azkals di bawah asuhan Simon McMenemy sekali lagi membuktikan kalau mereka bukan lagi tim yang bisa dipandang sebelah mata. 

Beruntung Indonesia memiliki striker naturalisasi Cristiano El Loco Gonzales. Pemain asal Uruguay itu menjadi momok bagi The Azkals baik pada leg pertama maupun kedua. Gol yang dicetak El Loco membawa tuan rumah menang 1-0 di leg pertama dan leg kedua. 

The Azkals memang gagal melaju ke final. Namun jejak Simon McMenemy di Piala AFF 2010, tidak akan terlupakan. Sejak saat itu, Filipina selalu diperhitungkan di Asia Tenggara. 

Let's block ads! (Why?)

from Berita Hari Ini Terbaru Terkini - Kabar Harian Indonesia | Liputan6.com https://ift.tt/2A7R702

No comments:

Post a Comment