Pages

Sunday, December 23, 2018

McLaren P1 GTR Ayrton Senna, Mengenang Pahlawan Lintasan F1

Liputan6.com, Jakarta Nama McLaren dan Ayrton Senna seakan tak bisa dipisahkan. Bagi pecinta balap jet darat Formula 1 pasti tahu sejarahnya.

Ayrton Senna menyumbang 3 juara dunia bagi tim yang bermarkas di Woking, Inggris itu. Gelar pertama diraih pada 1988, yang merupakan musim perdana Senna gabung di McLaren. Disusul kemudian musim balap 1990 dan 1991.

Tak ada yang meragukan era itu sebagai masa keemasaan sang pembalap asal Brasil. Kematiannya di sirkuit Imola pada 1994, membuat namanya kian melegenda.

Sebagai bentuk perayaan 30 tahun gelar pertama Ayrton Senna, McLaren menciptakan mobil spesial. McLaren Special Operations (MSO) mengemban tugas menghadirkan kembali memori McLaren MP4/4 yang dipakai Senna kala itu.

Unit yang dijadikan obyek adalah P1 GTR. Mobil ini bukan untuk dijual, melainkan hasil modifikasi milik salah satu kolektor P1 GTR. Sang pemilik menghabiskan tiga tahun mengerjakan proyek ini bersama McLaren. Hasilnya memang sangat istimewa. Benar-benar sebagai bentuk penghormatan kepada almarhum Senna.

Corak McLaren MP4/4 dilaburkan ke P1 GTR. Berupa warna merah dan putih membentuk ciri khas Marlboro yang saat itu mensponsori tim McLaren. Tentunya tanpa tulisan Marlboro dan sponsor lainnya. Bagian sisi hanya ada tulisan Senna Driven to Perfection dan bendera Brasil.

Angka 12 tertera di moncong sesuai nomor Ayrton Senna saat mengendarai MP4/4 pada 1988. Uniknya, P1 GTR ini menjadi unit ke-12 juga, dari 58 unit yang cuma dibuat MSO.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Hari Ini Terbaru Terkini - Kabar Harian Indonesia | Liputan6.com http://bit.ly/2V4OKEs

No comments:

Post a Comment