Pages

Sunday, August 26, 2018

AS Aktivasi Kembali Armada Angkatan Laut Era Perang Dingin, Unjuk Gigi ke Rusia?

Liputan6.com, Norfolk - Pemerintah Amerika Serikat secara resmi telah mengaktivasi kembali Armada Kedua Angkatan Laut AS (US Navy Second Fleet) warisan era Perang Dingin, pada Jumat 24 Agustus 2018 --sebuah langkah yang dilakukan oleh Negeri Paman Sam di tengah kekhawatiran baru atas ancaman yang ditimbulkan oleh Rusia di Samudera Atlantik.

"Armada Kedua AS memiliki banyak sejarah, dan kami akan menghormati warisan itu," kata Komandan Armada Kedua, Laksamana Madya (Vice Admiral) AL AS Andrew "Woody" Lewis, pada Jumat 24 Agustus dalam sebuah upacara pengaktivasian kembali armada itu di Norfolk, Virginia, seperti dikutip CNN (26/8/2018).

Lewis mengatakan, tujuan eksistensi armada itu adalah untuk "membangun armada yang siap untuk bertarung, siap untuk bertempur, sehingga kami tidak perlu melakukannya."

Mengomentari berdirinya kembali armada tersebut, Kepala Staf AL Amerika Serikat Laksamana John Richardson mengatakan, "Armada Kedua akan meningkatkan kapasitas kami untuk melakukan manuver dan bertempur di Atlantik, dan sebagai hasilnya, membantu mempertahankan keunggulan maritim Amerika yang akan mengarah pada keamanan, pengaruh, dan kemakmuran bagi bangsa kita."

US Navy Second Fleet, yang berbasis di Norfolk, Virginia, dibentuk usai Perang Dunia II dan berperan dalam operasi pertempuran maritim AS semasa Perang Dingin.

Armada Kedua juga terlibat dalam Krisis Misil Kuba 1962, di mana Amerika Serikat - Uni Soviet sempat di ambang perang nuklir pada masa itu.

Pada tahun 2011, Armada Kedua dibubarkan untuk menghemat anggaran pertahanan dan demi memulihkan hubungan antara AS-Rusia. Tugas dan tanggung jawab Armada Kedua kemudian dilebur dalam US Navy Fleet Forces Command, sementara dana operasional mereka dialokasikan ke operasi militer War on Terror Amerika Serikat di Irak, Afghanistan, dan berbagai penjuru dunia.

Pada saat dibubarkan, Armada Kedua memiliki sumber daya operasional berupa 126 kapal, 4.500 pesawat, dan 90.000 personel AL dan Korps Marinir (USMC) Amerika Serikat.

* Update Terkini Jadwal Asian Games 2018, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Asian Games 2018 dengan lihat di Sini

Simak video pilihan berikut:

Para ilmuwan menemukan bagian dari bagian buritan yang kapal Angkatan Laut AS yang beroperasi selama Perang Dunia II di Kepulauan Aleutian Alaska.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Hari Ini, Kabar Harian Terbaru Terkini Indonesia - Liputan6.com https://ift.tt/2wbNVP0

No comments:

Post a Comment