Pages

Tuesday, October 23, 2018

UMKM dan Sumber Pendapatan Non-Tiket MRT Jakarta

Liputan6.com, Jakarta - PT Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta sedang menyelesaikan progres pembangunan fase 1 Lebak Bulus-Bundaran Hotel Indonesia (HI). Transportasi massal ini direncanakan beroperasi pada Maret 2019.

Untuk sumber pendapatan, PT MRT Jakarta menyiapkan beberapa skenario guna mendapatkan pendapatan selain dari penjualan tiket. Sumber pendapatan lain dari nontiket dapat dijalankan MRT Jakarta melalui bisnis retail, iklan, telekomunikasi, hingga properti.

Keberadaan retail hanya ada di 10 dari 13 stasiun. Sedangkan tiga lainnya akan memiliki area khusus pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dan produk kreatif.

Ketiga stasiun tersebut yakni Stasiun Haji Nawi, Blok A, dan Sisingamangaraja. Oleh karena itu, MRT Jakarta sengaja menggandeng Bandan Ekonomi Kreatif (Bekraf).

Konsep tersebut berkiblat kepada Stasiun Akihabara, Tokyo, Jepang yang mencerminkan sebagai salah satu kawasan kreatif.

"Di tiga stasiun ini semua harus UMKM, retail itu khusus UMKM," kata Direktur Operasi dan Pemeliharaan MRT Jakarta, Agung Wicaksono beberapa waktu lalu di Wisma Nusantara, Jakarta Pusat.

Pemilihan tiga stasiun ini, kata Agung, berdasarkan konsep yang telah ditetapkan. Contohnya Stasiun Haji Nawi yang akan berkonsep Betawi. Awalnya menurut sejarah, wilayah itu dikuasai oleh seorang saudagar bernama Haji Nawi.

Kemudian Stasiun Blok A yang sudah dikenal sejak dulu sebagai kawasan bisnis dan komersil. Selanjutnya, Stasiun Sisingamangaraja yang terintegrasi dengan kompleks Gedung Sekretariat ASEAN. Di mana Stasiun ini akan mengangkat tema ASEAN, multikultural, persatuan, dan keberagaman.

Rencananya ketiga stasiun ini tidak dibebankan biaya sewa yang tinggi. Hal terpenting kata Agung yaitu dapat mengangkat UMKM yang ada.

"Yang kita kedepankan bukan soal volume, tapi prestige. Mengangkat UKM ke kelas yang berbeda, masuk stasiun MRT," jelas Agung.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Hari Ini, Kabar Harian Terbaru Terkini Indonesia - Liputan6.com https://ift.tt/2PjneTr

No comments:

Post a Comment