Pages

Thursday, January 3, 2019

5 Negara yang Diprediksi Berpotensi jadi Adikuasa, Mampu Kalahkan Amerika?

Bersama dengan Rusia, India, dan China, Brasil melengkapi kuartet asli negara-negara anggota BRIC (Brazil, Russia, India and China).

BRIC adalah akronim dari Brasil, Rusia, India, China, dan Afrika Selatan, lima negara yang pertumbuhan ekonominya pesat. Singkatan ini diberikan oleh Jim O'Neil dari Goldman Sachs pada tahun 2001, mengikuti prediksi investasi banknya yang menyebut bahwa negara-negara BRIC akan menjadi empat dari lima ekonomi terbesar dunia pada tahun 2050.

Sejak keempat negara, bergabung dengan Afrika Selatan pada 2010, mereka telah membentuk aliansi politik yang longgar, bekerja sama dalam masalah-masalah seperti perdagangan dan perawatan kesehatan, dan membentuk bank bersama untuk mendanai proyek-proyek pembangunan di seluruh dunia.

Namun sayangnya, "Raksasa Amerika Selatan" itu tertahan oleh tingginya tingkat kemiskinan dan ketimpangan pendapatan. Fakta ini sangat mengejutkan, karena hanya enam orang paling tajir di Brasil yang memiliki kekayaan gabungan lebih besar dari 100 juta orang miskin.

Namun, Brasil diberkati dengan kekayaan alam yang luas. Ladang minyak Tupi, yang ditemukan di lepas pantai Rio de Janeiro pada 2008, berisi sekitar 8 miliar barel. Penemuan lepas pantai kedua bahkan lebih besar dan membuat Brasil ditawari untuk bergabung dengan jajaran eksportir minyak utama dunia.

Negeri Samba ini juga merupakan rumah bagi sekitar 30% hutan hujan yang tersisa di dunia dan dengan kekayaan sumber daya seperti nikel, mangan, tembaga, bauksit dan kayu.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Hari Ini Terbaru Terkini - Kabar Harian Indonesia | Liputan6.com http://bit.ly/2Vsj0Ju

No comments:

Post a Comment