Pages

Saturday, March 9, 2019

Gejala Cacar Air dan Cara Pengobatannya, Biar Pulih Lebih Cepat

Untuk gejala cacar air sendiri bisa muncul atau terlihat setelah 7 hingga 21 hari saat tubuh terpapar virus varicella. Jadi waktu saat gejala cacar air ini muncul bisa berbeda-beda untuk setiap orang. Berikut ini beberapa gejala cacar air yang akan kamu alami.

1. Demam tinggi

Saat akan mengalami cacar air, kamu biasanya akan mengalami demam tinggi disertai pusing. Tentu saja saat menderita demam tinggi dan pusing ini maka badanmu akan terasa lemas dan juga lesu. Gejala ini merupakan gejala khas yang akan timbul jika terinfeksi virus. Namun jika virus yang ada pada tubuh cukup banyak, maka bisa mengakibatkan nyeri pada sendi.

2. Nyeri Tenggorokan

Gejala cacar air selanjutnya ialah nyeri pada tenggorokan. Tentu saja ini merupakan gejala lanjutan yang akan diperoleh karena virus varicella. Saat kamu menderita nyeri tenggorakan, maka selera makan pun otomatis akan menurun. Padahal sebaiknya jika seseorang yang terkena infeksi virus, tetap menjaga pola makan adalah hal yang diperlukan.

3. Muncul ruam merah

Setelah itu, pada tubuhmu akan muncul ruam merah dalam kurun waktu 2 hingga 4 hari. Ruam kemerahan ini akan muncul pertama kali dengan ukuran kecil dan biasanya ditemukan pada sekitar dada, perut ataupun punggung. Namun ruam merah ini akan kembali muncul secara bertahap dalam waktu 2 hingga 4 hari tersebut.

Ruam ini berwarna merah dan juga berisi cairan, untuk ukurannya pun berbeda-beda, bisa jadi ada ukuran ruam yang kecil atau sedang bahkan besar. Secara bertahap ruam kemerahan ini akan muncul pula pada wajah dan juga anggota gerak kaki dan juga tangan.

Ruam yang muncul ini bisa terasa sedikit nyeri dan juga gatal. Namun sebaiknya jangan menggaruknya meskipun itu tidak disengaja. Lebih baik diamkan hingga nantinya akan mengering dan terkelupas dengan sendirinya. Meskipun begitu pada bekas ruam yang telah terkelupas ini akan menimbulkan bercak gelap di kulit. Namun kamu tak perlu khawatir, karena bercak berwarna gelap ini nantinya akan memudar dan hilang selama beberapa waktu.

Namun apabila ruam tersebut tak sengaja tergaruk dan pecah, maka proses penyembuhannya pun akan lama. Kemudian saat cacar air telah mengering, bekas yang tergaruk ini akan meninggalkan bekas seperti cekungan kecil pada kulit, meskipun warnanya telah memudar.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Hari Ini Terbaru Terkini - Kabar Harian Indonesia | Liputan6.com https://ift.tt/2EO8HrB

No comments:

Post a Comment