Pages

Friday, January 4, 2019

BI Ungkap 2 Faktor yang Bikin Rupiah Menguat ke 14.200 per Dolar AS

Liputan6.com, Jakarta - Nilai tukar rupiah terhadap Dolar Amerika Serikat (USD) bergerak menguat di perdagangan Jumat ini. Di pagi hari, rupiah dibuka di level 14.379 per dolar AS atau menguat tipis dibanding penutupan perdagangan sebelumnya di 14.416 per dolar AS.

"Alhamdulilah nilai tukar minggu pertama Januari bergerak stabil bahkan menguat pada hari ini," kata Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo di kompleks gedung BI, Jumat (4/1/2019).

Perry mengungkapkan, nilai tukar berada di level 14.300 per dolar AS dan diperkirakan terus menguat. Mengutip data Bloomberg, rupiah mampu menguat tajam dan hingga menyentuh posisi 14.268 per dolar AS.

"Bahkan sebelum saya solat Jumat saya pantau nilai tukar bergerak di sekitar 14.270 per dolar AS," ujarnya.

Dia mengungkapkan, ada beberapa faktor yang mendorong penguatan nilai tukar rupiah tersebut. Salah satunya adalah kepercayaan para investor yang menguat terhadap pasar Indonesia.

"Faktor utama itu confidence pasar, investor terhadap Indonesia dan juga semakin bekerja mekanisme pasar valas (valuta asing) dalam negeri," ujarnya.

Perry menjelaskan kepercayaan para investor tersebut juga tercermin dari hasil lelang Surat Berharga Negara (SBN) yang dilakukan pemerintah melalui Kementerian Keuangan. Sebagaimana diketahui lelang minggu ini targetnya adalah Rp 15 triliun. Lelang tersebut bahkan mengalami kelebihan permintaan.

"Yang bidding lebih dari 3 kali bahkan lebih dari Rp 50 triliun, oversubscribe. Yang dimenangkan adalah Rp 28,2 triliun. Itu menunjukkan confidence investor baik dalam maupun luar negeri terhadap ekonomi Indonesia," ungkapnya.

Selain itu, dengan adanya lelang SBN juga menambah suplai di pasar valas karena sebagian besar pembeli SBN tersebut merupakan investor asing. Hal tersebut otomatis mendorong pergerakan Rupiah yang menguat.

"Selain itu, semakin bekerjanya mekanisme pasar. Tidak hanya pasar spot, swap dan juga pasar domestik domestic non deliverable forward (DNDF). Kurs DNDF terpantau bergerak stabil menguat.

"Itu dua faktor utama dorong pergerakan nilai tukar rupiah bergerak menguat," tutupnya.

Reporter: Yayu Agustini Rahayu

Sumber: Merdeka.com

Let's block ads! (Why?)

from Berita Hari Ini Terbaru Terkini - Kabar Harian Indonesia | Liputan6.com http://bit.ly/2F70GR8

No comments:

Post a Comment