Pages

Wednesday, August 22, 2018

Begini Rasanya Jadi Penumpang Bus Tanpa Sopir Telkomsel

Liputan6.com, Jakarta - Memanfaatkan ajang Asian Games 2018, yang berlangsung 18 Agustus hingga 2 September, Telkomsel pamer teknologi 5G. Salah satu caranya, dengan membawa bus kecil atau shuttle nirsopir atau tanpa sopir di area Telkomsel 5G Experience Center di Zona 2, Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta.

Selama pesta olahraga paling bergengsi di Asia ini berlangsung, bus autonomous dengan daya tampung 12 penumpang ini juga bisa dirasakan langsung oleh pengunjung, dan awak media termasuk Liputan6.com.

Kesan pertama saat melihat bus bermerek Navya ini, memang tidak sebesar ukuran bus pada umumnya. Dengan kelir merah, dan tertempel branding dari salah satu penyedia layanan telekomonikasi di Indonesia ini yang bekerjasama dengan perusahaan distributor bus asal Prancis ini, yang bermarkas di Singapura, ST Engineering.

Untuk kabinnya, terdapat dua sisi kursi penumpang yang saling berhadapan. Dengan masing-masing sisi memiliki bangku untuk empat penumpang yang saling berdekatan, dan juga tali pegangan untuk penumpang yang berdiri masing-masing dua di setiap sisinya.

Untuk segi keselamatannya, bangku penumpang dilengkapi seatbelt, dan karena bus ini didatangkan khusus untuk Telkomsel, suasana di dalam kabin diubah dengan penempatan layar televisi untuk streaming dan juga kamera 360 untuk penumpang yang hendak selfie atau mengabadikan momen setelah mencoba bus yang dilengkapi dengan teknologi kombinasi Lidar (Light Detection and Ranging), AI (Artificial Intelligent) dan tentunya teknologi 5G.

Meskipun bus kecil ini beroperasi tanpa supir, namun ada satu operator di dalam bus yang bertugas untuk mengawasi dan juga memastikan tingkat safety saat bus berjalan.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Hari Ini, Kabar Harian Terbaru Terkini Indonesia - Liputan6.com https://ift.tt/2Pt00HX

No comments:

Post a Comment